MENINGKATKAN KINERJA WINDOWS 7 : Mempercepat Proses Booting dan StartUp

Dulu.... waktu masih zamannya RAM hanya berkisar antara 32MB-64MB, kecepatan komputer bukanlah hal yang begitu penting karena komputer udah nyala pun kita girangnya minta ampun..... ;-P . Apalagi kecepatan internet..... walaaaahhh...bayangin aja speed waktu itu mentok di 65kbps........


Seiring berkembangnya teknologi, meningkat pula kebutuhan kita pada komputer termasuk kecepatan dalam bekerja dengan komputer. Dibawah ini ada beberapa tips agar kinerja komputer meningkat...


  • Mempercepat Booting.
WINDOWS 7 

Sebetulnya booting pada windows 7 sudah terbilang cepet dibanding Windows XP secara default. Namun tetep aja kita kadang ingin lebih...... (wajar...)


sedikit saya akan membahas tentang peristiwa booting pada Win 7...


Perlu dipahami, bahwa ketika kita memencet tombol power dan komputer menyala, maka disitu komputer akan terus memeriksa setiap hardware yang terpasang seperti misalnya: memory check, boot device check, loading driver, dll dan proses ini berlangsung pada saat animasi logo Windows 7 ditampilkan hingga masuk ke menu Logon. 

Jadi, untuk mempersingkat waktu di sini adalah dengan mengubah setting-an BIOS supaya tidak melakukan pengecekan pada hardware. Tentu saja dengan asumsi bahwa semua hardware yang terpasang dalam kondisi sehat wal 'afiat....

Setelah itu, menghilangkan animasi logo Windows 7 juga bisa sedikit mempercepat ritual booting ini. Dan Optimalkan penggunaan processor anda untuk keperluan booting ini.


Selanjutnya, proses dari Logon sampai Desktop standby adalah proses-proses  yang berhubungan dengan software, ini masuk dalam pembahasan StartUp nanti.

Sekarang saya akan memberikan sedikit tips & trik untuk mempercepat ritual booting Windows 7 ini. CEKIDOT.......

  • Jalankan Windows System Configuration dengan menekan Windows+R untuk memunculkan Run, ketik “msconfig”, lalu tekan Enter.
   
atau Klik start, ketikan “msconfig” pada kotak pencarian, lalu Enter.
  • Pada jendela System Configuration Pilih tab Boot, dan centang di bagian No GUI boot tujuannya untuk menghilangkan animasi logo Windows pada saat booting. lalu klik Advanced Options.
Cara Mempercepat Booting Windows 7 Image
  • Jika processors anda memiliki core lebih, Beri centang pada bagian Number of processors dan lalu pilih angka paling besar di bagian bawahnya. Jumlah angka disini bisa berbeda, tergantung jenis processor yang digunakan. Komputer saya cuma dual core, jadi angka maksimalnya cuma 2. Bila Anda menggunakan quad core, core i3, core i5 atau core i7 tentu jumlah angkanya akan berbeda.Pilih sesuai keinginan, lebih besar, lebih baik. Klik OK untuk kembali ke System Configuration.

Cara Mempercepat Booting Windows 7 Image

  • Mempercepat StartUp.
Banyak program aplikasi yang kita install yang di-load pada Windows login. Tentu ini sangat mempengaruhi proses StartUp. Semakin banyak aplikasi yang diload, semakin lama juga proses StartUp, tentunya harus banyak juga kesabaran kita dalam menunggu komputer untuk siap digunakan.


Sekarang kita akan melihat aplikasi apa saja yang diload saat StartUp :
  • Masih di jendela System Configuration, Pilih tab Startup. Di sini terlihat program-program apa saja yang di-load Windows pada saat Startup. Hilangkan tanda centang pada aplikasi yang menurut anda tidak terpakai. Jika ragu, biarkan apa adanya... Klik Apply lalu OK jika sudah selesai memilih.
Cara Mempercepat Booting Windows 7 Image
  • Klik Restart.
Cara Mempercepat Booting Windows 7 Image
  • Selanjutnya, seperti yang sudah disampaikan diatas, kita akan setting BIOS agar tida melakukan chek pada hardware. Pada saat restart, tekan tombol Del untuk masuk ke BIOS atau F2 / F10 / F11 tergantung merek mainboard.
  • Setelah masuk BIOS, tampilan menu BIOS akan berbeda pada setiap merek mainboard, carilah option-option yang berkaitan dengan booting. Tapi kalau tidak yakin, tanya orang yang lebih mengerti....
Selesai.... Biarkan komputer restart lagi.... dan lihat hasil dari otak-atik tadi.
jika anda merasa tidak ada perubahan sama sekali, kembalikan saja setingan ke semula....

Insya Alloh artikel ini akan saya lanjutkan nanti....  Wassalam...

Post a Comment

Kalo ada uneg2 jangan dibiarin.... tulis aja disini...