Optimalkan Kinerja Harddisk

Harddisk merupakan perangkat penting dari komputer, kadang kecepatan komputer juga tergantung dari hardware yang satu ini, namun, namanya juga mesin pasti ada saja kelemahannya.

Masalah yang sering muncul dari harddisk ini adalah :

  • Data hilang begitu saja
  • 'Serangan' Virus, sehingga merusak program aplikasi
  • Akses lambat
  • Badsector
  • Tidak terdeteksi oleh BIOS
  • Dll
Permasalahan diatas sangat umum terjadi pada pengguna komputer sehingga mendorong para pengembang program aplikasi membuat beragam tool dari yang gratis sampai yang berbayar untuk mengatasi permasalahan diatas.

Tips Merawat Harddisk :
Agar harddisk awet dan terjauh dari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kita merawatnya dengan melakukan beberapa "RITUAL" rutin, diantaranya :

1. Defragment

Defragmentasi adalah sebuah proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami fragmentasi internal. Sebuah berkas dikatakan terfragmentasi mana kala berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik. Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga dengan kata lain berkas terfragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan.
Pendeknya, proses defragment adalah menyusun ulang penempatan file sehingga file-file yang saling berhubungan bisa saling berdekatan, tentu ini akan memudahkan kerja system sehingga proses loading akan lebih cepat.
 

Sistem operasi Windows semuanya memiliki utilitas defragmentasi hard disk yang mampu melakukan reorganisasi terhadap berkas-berkas yang terfragmentasi agar dapat disusun secara berdekatan. Beberapa utilitas lainnya pun banyak tersedia, baik yang bersifat komersial (semacam O&O Defrag, Diskeeper, Norton SpeedDisk) atau yang gratis.

   a. Menjalankan Defragmenter di Win 7 dan Win XP
  • Klik Start Menu -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk Defragmenter.
  • Klik Analyze Disk untuk menganalisa status harddisk
  • Klik Defragment Disk untuk memulai proses defragment. Proses defragment akan memakan waktu cukup lama tergantung kapasitas dan isi harddisk.
2. Bersihkan dari file sampah dan Registry missing
Banyak sekali File sampah, baik itu diciptakan system atau dari aplikasi yang diinstall pada komputer. File sampah ini sangat beragam format dan ukurannya, sehingga jika kita biarkan menumpuk tentu akan menghambat kerja system.
banyak sekali aplikasi yang berfungsi untuk membuang sampah-sampah ini, diantaranya :
(klik pada nama aplikasi untuk download)


3. Rutin Scan Virus
4. Lakukan Backup





Untuk mengatasi masalah harddisk lainnya akan saya lanjutkan nanti

Insya Allah....

Terakhir, jangan lupa klik Like... oke cooyy...

Post a Comment

Kalo ada uneg2 jangan dibiarin.... tulis aja disini...